Desa Panincong | Kecamatan Marioriawa

Sosialisasi JKN BPJS
WhatsApp-Image-2018-09-10-at-4.07.35-PM1-1024x768

Upaya BPJS untuk mengcover seluruh masyarakat dilakukan yang ditandai dengan adanya sosialisasi dari desa ke desa. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 20 warga yang memiliki Kartu BPJS dan 20 lainnya yang tidak, atau belum memiliki kartu BPJS. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 3 sore ini cukup diminati oleh masyarakat. Mereka antusias mengajukan pertanyaan seputar pengurusan kartu sakti BPJS ini.

Melalui sosialisasi ini masyarakat menjadi tahu apa yang harus dilakukan ketika dalam satu keluarga ada anggota keluarga yang belum terbit kartu BPJS-nya. Dijelaskan oleh Bapak Indi bahwa untuk kasus seperti di atas, maka secepatnya salah satu keluarga melaporkan hal tersebut ke kantor BPJS dengan membawa berkas seperti FC KK, KTP dan semua Kartu BPJS yang telah ada di dalam keluarga tersebut. Kalo memang di cek dan anggota keluarga yang tidak terbit kartunya karena faktor kesalahan NIK ataupun nama, maka saat itu dapat segera diterbitkan dan aktif saat itu juga. Dengan catatan, semua data yang adai di KK, KTP, dan kartu BPJS-nya sinkron mulai dari nama, alamat dan Nomor Induk Kependudukan.

PihakBPJS lanjut menjelaskan bahwa penyebab keterlambatan terbitnya kartu dapat disebabkan beberapa hal diantaranya, adanya nama dan nomor NIK yang dobel ataupun salah. Kartu tersebut dapat aktif kembali setelah dilakukan cross cek, verifikasi dan validasi data.

Sedangkan untuk keluarga yang sama sekali belum pernah mendaftar sebagai calon peserta BPJS dapat segara mengajukan berkas lamaran. Berkas ini bisa disampikan langsung ke BPJS namun juga bisa melalui Pemerintah Desa. Berkas terdiri dari FC KK dan KTP serta akta lahir.Diharapkan semua warga Soppeng dapat segara memiliki Kartu sakti tersebut mengingat pemerintah telah menyetujui bahwa BPJS akan mencover seluruh warga.

Untuk warga yang ingin mendaftar atau untuk kalrifikasi data BPJS-nya dapat menghubungi Kasi Pelayanan Desa Panincong, Bapak Rahman di nomor 085343517867. Pemerintah Kabupaten Soppeng bertekad untuk mengcover seluruh warga sehingga pada tahun 2019 nanti, semua warga sudah memiliki kartu BPJS

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

NOMOR TELEPON PENTING

Desa Panincong Kecamatan Marioriawa
  • Pemdes Panincong
  • Kapolres Soppeng : 081348881198
  • Kapolsek Marioriawa : 085244021978
  • Kasat Binmas : 082349826368
  • Pemadam Kebakaran : 082393875124