Desa Panincong | Kecamatan Marioriawa

Pencegahan STUNTING

Upaya pencegahan Stunting termasuk salah satu kegiatan yang digalakkan oleh Pemerintah Desa Panincong. Sebagai salah satu prioritas penggunaan Dana Desa, hal ini menjadi perhatiankhusus Pemerintah Desa. Bekerja sama BKD Panincong , Pemdes melaksanakan kegiatan Sosialisasi yang dirangkaikan dengan pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan bayi.

 Ketua BKD, Sawidi mengatakan bahwa untuk menentukan sasaran penerima bantuan mereka bekerjasama dengan pihak PKM Panincong.

“Kami meminta data di PKM tentang jumlah ibu hamil serta bayi yang pertumbuhannya tidak maksimal. Sesuai data yang kami dapatkan, ada 22 ibu hamil dan 8  bayi/ anak yang memiliki gisi kurang baik. Semuanya kami undang ke sini untuk mendapatkan tambahan pengetahuan serta bantuan bahan makanan.” Jelas Sawidi.

Sosialisasi yang dilaksanakan di salah satu rumah warga dibuka  oleh Camat Marioriawa, Usman Achmad (7/7). Dalam sambutannya Camat mengingatkan kepada peserta agar mengikuti sosialisasi dengan baik karena masalah stunting salah satu hal yang harus kita atasi bersama. Usman melanjutkan bahwa upaya pencegahan stunting sudah ada sebelumnya di sekolah. Namun kali ini pihak Pemerintah Desa turut mengambil peran dalam pencegahan stunting ini. Program kegiatannya mirip yakni pemberian makanan tambahan.

Sementara itu Kades Panincong A. Mardiana mengharapkan agar para orang tua, mendukung upaya pemerintah untuk mencegah stunting sejak dini. A. Mar mengimbau warganya untuk memanfaatkan jasa Posyandu dengan maksimal agar pengetahun tentang kesehatan, termasuk stunting lebih meningkat.

“Pemerintah Desa mengalokasikan anggaran yang bersumber dari Dana Desa untuk kegiatan pencegahan stunting. Namun tanpa dukungan dari ibu-ibu, mustahil program ini bisa sukses. Olehnya itu saya harapkan ibu-ibu mengikuti petunjuk dari pihak PKM. Terutama bagi ibu yang sedang hamil, ikuti saran dan petunjuk mereka agar kandungannya sehat.”

Begitu juga untuk ibu-ibu yang punya anak, sebaiknya sejak dini anak-anak dikenalkan mana makanan yang bergizi, mana makanan yang hanya mengenyangkan.”

Hadir dalam acara ini Kabid Kesmas Dinkes, A. Facriana, Babinsa Panincing Faisal, P3MD Sumiati, PLD Masse Lawi para Kader Posyandu dan para Perangkat Desa. (as)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

NOMOR TELEPON PENTING

Desa Panincong Kecamatan Marioriawa
  • Pemdes Panincong
  • Kapolres Soppeng : 081348881198
  • Kapolsek Marioriawa : 085244021978
  • Kasat Binmas : 082349826368
  • Pemadam Kebakaran : 082393875124
  • Kontak : 081355050xxx
  • Senin - Jumat : 07.30 - 16.00 Wita
  • panincong.desa@gmail.com